Mengupas Web Hosting, VPS, dan Cloud Server Sebelum Membangun Website
Journal

Mengupas Web Hosting, VPS, dan Cloud Server Sebelum Membangun Website

Web hosting, VPS dan Cloud Server.  Tiga istilah diatas mungkin biasa anda temukan, terutama ketika Anda ingin membangun sebuat website. Jika Anda mencari jasa untuk penyedia web di mesin pencari, maka Anda akan menemukan istilah Cloud Server, VPS, dan Web Hosting. Lalu apa bedanya ? Lalu mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda ? Berikut adalah penjelasan ketiga istilah tersebut.

Web Hosting
Web hosting adalah layanan yang menyewakan space untuk aplikasi berbasis web milik anda, dimana anda bisa menggunakan nama domain yang anda miliki untuk diarahkan ke aplikasi tersebut. Anda akan diberikan fasilitas manajemen untuk mengelola web Anda. Platform yang disediakan juga bermacam-macam, biasanya PHP dan database mySQL. Layanan ini memiliki harga paling murah, namun terbatas hanya pada platform yang tersedia. Selain itu umumnya penyedia layanan hanya menyediakan 1 fisik server yang dishare bersama pelanggan lain sehingga menyebabkan akses menuju web Anda lambat.

 

VPS (Virtual Private Server)
VPS atau juga disebut Virtual Private server adalah sebuah metode untuk mempartisi ataupun membagi sumberdaya (resource) sebuah server fisik menjadi beberapa server virtual. Dan server virtual tersebut memiliki kemampuan menjalankan operating system sendiri seperti layaknya sebuah server fisik.

Kelebihan menggunakan VPS diantaranya adalah :

Fleksibel – Anda dapat menginstall software di VPS sesuai dengan keinginan dan kebutuhan
Anda akan memiliki akses ROOT, dimana dengn mempunyai akses ini, anda dapat melakukan apa saja terhadap VPS anda
Garansi resource (CPU, RAM, dan Space)
Anda tidak akan diusir pihak hosting karena menggunakan WP-Robot atau sejenisnya.

Kekurangan VPS adalah :

Anda wajib mempunyai pengetahuan lebih tentang penggunaan server linux ataupun windows. Karena pihak hosting tidak membantu akan hal ini, kecuali anda menggunakan jasa manage
Biaya lebih mahal dari share hosting
Semakin anda membutuhkan resource yang besar, akan perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar

Cloud Server
Apa itu cloud server? Teknologi cloud server ini berbeda dengan dua teknologi di atas. Teknologi cloud memungkinkan beberapa server dijadikan “satu” berfungsi sebagai storage (disk virtual), beberapa server lain (Host) di”satu”kan berfungsi sebagai computing node (CPU virtual). Dengan kata lain, cloud server tidak memiliki batasan spesifikasi sehingga Anda dapat meningkatkan storage, memory, dan prosesor sesuka hati Anda.

Cloud Server memiliki empat keunggulan utama dibandingkan dengan VPS tradisional.

Fleksibilitas hampir tanpa batas dari sisi ukuran sumber daya.
Upgrade sumber daya dalam sekejap, kadang-kadang bahkan tanpa memerlukan reboot.
Secara Signifikan mempunyai redundansi yang lebih baik
Sentralisasi penyimpanan (storage) secara redundan
Selain kelebihan diatas, cloud server juga memiliki kekurangan sebagai berikut :

Kerahasiaan data tidak terjamin bergantung dengan perusahaan penyedia jasa clooud server.Selalu ada resiko dimana data user diakses oleh orang lain yang tidak berkempentingan
Tingkat keamanan belum terjamin
Dengan menggunakan sistem cloud berarti Anda mempercayakan sepenuhnya keamanan dan kerahasiaaan data-data Anda kepada cloud provider. Sehingga saat sangat penting untuk tahu tentang kehandalan penyedia layanan cloud untuk layanan sistem informasi berbasis online milik Anda.