Skip links

Perbedaan SEO, SEM dan Google Adwords

Untuk Anda yang sedang menggeluti dunia digital marketing, istilah seperti SEO, SEM, dan Google Adwords tentu akan sangat sering Anda dengar bukan? Namun, seberapa jauh Anda mengenal ketiga istilah tersebut? Mari bahas bersama Emmaintegra lewat ulasan di bawah ini.

SEO atau Search Engine Optimization

SEO atau Search Engine Optimization merupakan suatu teknik yang digunakan untuk menempatkan website pada posisi SERP (search engine result page) atau posisi yang strategis sesuai dengan keyword yang ditargetkan. Tujuan dari penggunaan SEO adalah untuk meningkatkan trafik menuju website Anda. Untuk itu, salah satu indikator yang membuat SEO yang Anda terapkan pada website berhasil adalah terdapat peningkatan jumlah trafik yang dihasilkan dari posisi yang strategis dari website di mesin pencari.

Terdapat dua komponen utama pada SEO, yaitu On-page Optimization dan Off-page Optimization.

1. On-page Optimization
On-page SEO (atau on-site SEO) meliputi semua pengaturan yang Anda aplikasikan langsung pada website Anda agar lebih ramah mesin pencari. Misalnya, seperti penggunaan kata kunci pilihan ke dalam tag dan meta description, format URL yang baik, penggunaan yang tepat dari heading (H1, H2, dst), optimasi gambar, kecepatan loading situs, dan masih banyak lagi.

2. Off-page Optimization
Off-page SEO lebih mengarah kepada aktifitas promosi atau rekomendasi yang dilakukan di luar dari website Anda, di mana aktifitas ini bertujuan untuk meningkatkan reputasi dari website tersebut di mesin pencari. Misalnya, seperti social bookmarking, social sharing, linking dari website lain, dan yang lainnya.

SEM atau Search Engine Marketing

SEM atau Search Engine Marketing sebenarnya hampir sama dengan SEO, SEM juga bertujuan menampilkan website pada halaman pertama pada mesin pencari. Perbedaan signifikan di antara kedunya adalah pada biaya. Jika teknik SEO ini sama sekali tidak memerlukan biaya, SEM mengharuskan Anda untuk mengeluarkan bajet tertentu. Media yang digunakan biasanya meliputi pay-per-click (PPC) melalui Google Adwords atau Bing Ads, bisa juga berupa iklan banner yang dipasang di website lain yang berkaitan.

Meski demikian, penggunaan SEM biasanya lebih identik dengan penawaran produk.

Google Adwords

Google Adwords merupakan salah satu platform yang digunakan untuk melakukan marketing atau iklan di mana Anda dapat mengatur iklan bisnis Anda, meliputi penempatan iklan di Google Search atau jaringan Google, lokasi target pasar, bahasa, dan lainnya.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa ketiga istilah tersebut merupakan teknik yang saling berkesinambungan, bukan satu melainkan tiga hal berbeda yang saling mendukung. Terutama untuk Anda yang sedang ingin melebarkan target pasar Anda di digital.

Emmaintegra dapat membantu Anda untuk mengatur dan menyusun strategi SEO, SEM, serta Google Adwords bagaimana yang tepat untuk website Anda sehingga baik trafik maupun reputasi dari website bisnis yang Anda miliki dapat lebih baik.

Leave a comment

Name*

Website

Comment